SSL atau singkatan dari Secure Socket Layer merupakan sebuah teknolgi yang tercipta untuk koneksi antara browser dan website agar lebih aman. SSL bisa kita gunakan pada semua transaksi di internet. Oleh karena itu, keberadaan SSL sangat penting bagi sebuah situs online.

Sertifikat SLL adalah suatu dokumen yang bekerja secara digital dan membuat sebuah website otomatis terenkripsi sehingga data yang sudah kita miliki tidak akan terbaca oleh hacker yang mencoba meretas situs online kita.

Ketika sebuah website telah menggunakan Secure Socket Layer, maka akan ada gembok dan protokol HTTPS yang aktif sehingga tercipta koneksi yang aman antara browser dengan website kita.

Akan tetapi, sebenarnya bagaimana cara kerja SSL tersebut? Artikel ini akan membahasnya sampai tuntas. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Cara Kerja SSL

Secure Socket Layer sendiri merupakan protokol keamanan yang bertujuan untuk memberikan perlindungan pada data pribadi, transaksi dengan kartu kredit, transfer data dan login, serta data-data yang sensitif dan privasi lainnya.

Cara kerja Secure Socket Layer sendiri adalah menggunakan kunci yang bernama cryptographic key. Jenis kriptografi khusus ini menggunakan kekuatan dari dua kunci yang merupakan serangkaian panjang dari angka yang sudah teracak. Dua kunci tersebut adalah private key dan public key.

Public key akan membantu mengidentifikasi server kita dan akan berada pada domain publik. Fungsi dari kunci ini adalah untuk mengenkripsi data apa pun yang akan kita kirim. Sedangkan, private key berfungsi mengunci dan mengekripsi data yang akan kita terima.

Intinya, SLL akan menjalankan fungsi keamanan untuk setiap pertukaran data antara satu sistem dengan sistem lainnya. Misalnya, cara kerja dari SSL ini adalah sebuah toko online yang akan melakukan pertukaran data dengan browser.

Saat pembeli melakukan transaksi untuk membeli produk, maka tentunya akan terjadi pertukaran data antara pembeli dengan toko online tersebut. Pertukaran data ini meliputi alamat email, nomor telepon, nomor rekening sampai data personal lainnya.

Ketika proses penukaran data ini, SSL akan menjalankan fungsinya untuk melindungi dan mengamankan file dengan cara algoritma yang telah terenskripsi untuk mengacak data saat pertukaran berlangsung.

Oleh sebab itu, hacker akan kesulitan membaca data ketika pertukaran sedang terjadi sehingga prosesnya tetap aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan, Google pun memberikan himbauan kepada pengguna untuk menghindari website yang tidak memiliki sertifikat SSL. Oleh karena itu, Google akan lebih banyak merekomendasikan situs kita yang telah menggunakan SSL.

Oleh karena itu, perlu segera menggunakan SSL untuk website kita. Kita bisa mendapatkan sertifikat dengan harga terjangkau hanya di Rumahweb. Tim Rumahweb sudah terspesialisasi sehingga lebih efisien dan cepat dalam membantu.

Tidak perlu kahwatir menghabiskan banyak uang. Karena hanya dengan biaya mulai dari Rp8000an, kita sudah bisa memiliki setifikat SSL. Segera pesan hanya di: SSL Murah Terbaik.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *