Setiap wanita mempunyai bentuk payudara yang berbeda-beda. Kenyataannya, tidak ada payudara yang benar-benar bulat dan sempurna. Namun, payudara memang ada beberapa faktor penyebab yang membuat payudara jadi mengendur.

Dilansir dari beberapa sumber, seiring dengan bertambahnya usia, kulit menjadi kurang elastis dan menipis, bahkan cenderung semakin cepat seiring usia yang semakin bertambah. Hal lain yang bisa membuat payudara kendur di antaranya kehamilan, obesitas, penurunan berat badan yang drastis serta faktor lainnya.

Salah satu cara yang diyakini bisa mencegah payudara menjadi kendur adalah dengan berolahraga. Tidak semua jenis olahraga, melainkan ada beberapa olahraga tertentu. Sebaiknya, kamu pilih jenis olahraga yang tepat. Seperti tiga gerakan olahraga yang direkomendasikan SehatQ.com.

Olahraga yang disarankan Media Kesehatan Terpercaya tersebut antara lain:

Push-up

Olahraga pertama ialah push-up, yakni latihan dasar yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk kamu yang ingin memiliki dada kencang. Sebab, gerakan ini langsung menyasar otot pektoral.

Gerakan standar push-up mengharuskan kamu berada dalam posisi plank, namun kamu bisa menurunkan lutut hingga menyentuh lantai apabila dirasa posisi tersebut terlalu memberatkan. Adapun cara melakukan push-up yang benar adalah sebagai berikut:

  • Posisikan tubuhmu dalam posisi plank atau lutut di lantai dengan tangan yang diletakkan sedikit lebih lebar dari bahu, kepala dan leher dalam posisi netral, serta core (inti tubuh) kencang.
  • Tekuk sikumu dan mulai turunkan tubuh hingga dada sedekat mungkin dengan lantai. Pastikan siku tidak tertekuk pada sudut 90 derajat, melainkan lebih dekat ke dalam tubuh.
  • Rentangkan lengan dan kembali ke posisi awal push-up.
  • Ulangi gerakan sebanyak tiga set atau semampu kamu.

Barbell Bench Press

Selain push-up, barbell bench press juga bisa menguatkan otot dada. Olahraga klasik ini membutuhkan barbell dan bangku fitness atau permukaan datar lain yang bisa menopang punggung kamu selama berolahraga.

Langkah-langkah melakukan barbell bench press di antaranya:

  • Posisikan tubuhmu di bangku dengan posisi berbaring telentang, kaki rata di lantai, dan barbel dipegang menyentuh dada.
  • Pastikan posisi kedua tangan kamu sedikit lebih lebar dari bahu.
  • Kuatkan core atau intu tubuh, caranya dengan merentangkan lengan dan dorong barbel lurus ke atas.
  • Berhenti sebentar, lalu turunkan barbel kembali ke dada. Fokus untuk menggerakkan otot dada ketika melakukan gerakan ini.
  • Lakukan latihan ini sebanyak tiga set dengan 12 repetisi.

Incline Dumbbell Chest Fly

Gerakan ini termasuk latihan yang akan membuat payudara kamu terlihat lebih besar, karena melatih otot dada secara intensif. Dumbbell chest fly adalah variasi dari latihan barbell bench press. Cara melakukan latihan ini ialah sebagai berikut:

  • Baringkan tubuhmu dengan posisi telentang di bangku miring dengan sudut 45 derajat atau kurang, pegang barbel di masing-masing tangan.
  • Posisi awal badan kamu adalah terbaring telentang dengan dumbbell terangkat ke bahu. Tekan dumbbell tepat di atas dada dengan posisi lengan berdekatan.
  • Tahan siku dengan sedikit ditekuk, lalu turunkan dumbbell keluar dan menjauh satu sama lain dalam gerakan melengkung, tangan sejajar di bagian dada atas.
  • Biarkan lengan atas sejajar sedikit dengan lantai, setelah itu kembali ke posisi awal.
  • Kamu bisa akhiri gerakan dengan meletakkan dumbbell mendekati bahu, kemudian ke paha atau samping badan.

Itulah tiga gerakan olahraga untuk mengencangkan payudara yang direkomendasikan SehatQ.com. Platform media kesehatan ini juga menyajikan berbagai macam artikel seputar kesehatan lainnya, seperti tips-tips sehat, informasi tentang beberapa penyakit, fakta menarik dan masih banyak lagi.

Sumber yang digunakan sangat jelas, sehingga kamu tidak perlu meragukan keakuratan informasinya. Jika kamu tertarik dengan artikel-artikel seputar relationship dengan pasangan, kesehatan seksual, kontrasepsi dan sebagainya, silakan kunjungi RomanXa.id yang membagikan informasi tak kalah akurat dan terpercaya. Yuk cari tahu banyak informasi seputar kesehatan hanya di SehatQ.com!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan